PERTOLONGAN PERTAMA PADA KOMPUTER

Posted 07.08 by Jamal T in

Mengenali gejala dan cara penanganan dini komputer yang ngambek (artikel ini di khususkan buat pemula yang berani membongkar-pasang hardware)

PC anda tiba-tiba tidak mau berjalan? padahal sebelumnya berjalan dengan normal? Jangan panik! Hal yang paling aman adalah memanggil teknisi komputer terdekat langganan anda, atau teknisi tempat anda membeli komputer tersebut. Tapi mungkin dengan alasan tertentu ada tidak bisa buru-buru memanggil teknisi untuk memperbaiki komputer anda…

Pengalaman selama Kuliah di PRIMA EDUCATION CENTRE sebagian besar masalah yang dialami PC yang tiba2 rusak adalah masalah sepele yang sebenarnya tidak perlu mengeluarkan uang untuk memanggil teknisi sepertiku. Beberapa teknisi jahat bakal mengatakan ada komponen yang perlu diganti, sehingga komponen yang sebenarnya tidak rusak milik user itu bisa dijual lagi. Cuma sedikit teknisi yang mau berbaik hati memberitahu kerusakan yang terjadi sebenarnya tidak sefatal yang diperkirakan.

Hal yang pertama dilakukan adalah tenangkan diri anda! Perhatikan keanehan yang terjadi pada komputer anda, dan kenali kerusakan yang terjadi… Berikut ini aku beri beberapa contoh gejala dan cara menanganinya…

Komputer mati dan ada bunyi beep keras beberapa kali dari dalam komputer?

Sebenarnya dulu ketika belajar komputer, oleh sang dosen diberitahu untuk mengenali bunyi beep pada komputer rusak, karena pola bunyi beep ini menunjukkan dimana kerusakan komponen. Namun selama ini, menurut pengalaman, bunyi beep berulang-ulang cuma aku temui pada kesalahan RAM. Coba cek posisi RAM anda. Lepaskan RAM dari tempatnya, kemudian bersihkan bagian soket RAM dan dudukannya. Pasang kembali dengan RAM pada tempatnya kemudian coba nyalakan komputer anda.

Masih ada bunyi beep dan komputer belum mau menyala? Coba pindahkan RAM pada slot yang lain (jika pada motherboard tersedia slot RAM lebih dari 1). Jika komputer belum mau menyala, dan masih ada bunyi beep, ada dua kemungkinan kerusakan hardware, yaitu pada RAM, pada slot RAM di motherboard, atau mungkin dua-duanya. Jika kerusakan yang terjadi pada hardware, maka disarankan untuk mengganti hardware tersebut.

Komputer berjalan namun tidak ada aktivitas pada monitor? atau monitor berkedip kedip

Ini gejala paling umum dan paling sering terjadi, terutama pada PC dengan memakai VGAcard bukan integrated (bukan on-board). Buka kartu VGA anda dan bersihkan bagian soket VGA dan dudukannya, kemudian pasang kembali. Ada baiknya bersihkan pula output VGA ke monitor. VGA adalah komponen yang paling mudah rusak karena debu (menurut pengalamanku), jadi sebaiknya membersihkan VGA dilakukan secara rutin.

Saat komputer sedang digunakan, tiba-tiba mati sendiri. Perlu didiamkan beberapa saat untuk bisa dinyalakan lagi, atau ketika dinyalakan lagi baru beberapa saat, mati lagi.

Ada banyak kemungkinan yang terjadi pada kasus ini. Pertama, buka tutup samping PC anda, dan coba untuk nyalakan PC. Awas jangan memegang komponen dalam PC saat PC menyala, cuma amati saja bagian dalamnya.

  • Lihat pada kipas prosesor, apakah berputar? lihat juga pada kipas VGA (jika VGA memiliki kipas,jika tidak memiliki kipas, abaikan saja).
  1. Jika kipas tidak berputar, matikan PC kemudian ganti kipas tersebut. Ada alternatif lain dengan memperbaiki kipas prosesor yang mati, tapi tidak disarankan, karena pendinginan prosesor menjadi tidak maksimal dan berbahaya jika sering terjadi prosesor kurang didinginkan.
  2. jika kipas berputar, matikan PC dan lakukan pengecekan lebih lanjut. Buka kipas prosesor dan lihat di bagian dasar pendingin yang menempel pada prosesor. Lihat apakah ada semacam pasta menempel pada bagian tersebut. Jika tidak ada, silahkan anda ke toko komputer terdekat untuk membeli termal pasta atau pasta pendingin. Cara pemberian pasta pada sisi pendingin yang menempel pada prosesor dengan memperkirakan semua pasta menempel pada prosesor. Jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit. Pasta ini bertugas menyalurkan pendinginan ke prosesor, jika pasta telah habis, pendinginan ke prosesor menjadi tidak maksimal.
  • Tidak ada masalah dengan kipas prosesor dan VGA? coba cek hardisk anda. Jika hardisk terlalu panas, juga bisa mengakibatkan gejala yang sama. Pasang pendingin pada hardisk, bisa berupa kipas hardisk (fan hardisk) maupun jenis pendingin lain.
  • Periksa juga power output dari power suply, apakah mencukupi untuk semua komponen hardware? hitungan power mungkin akan aku postingkan di lain kesempatan, karna aku sendiri masih belum bisa menghitungnya. Yang jelas, untuk power suplay biasa, outputnya adalah sekitar 40%-50% dari daya yang tertera, sedangkan untuk power suplay true power atau real power, outputnya sekitar 80%-90% dari daya yang tertera. Misal, daya yang dituliskan pada power suplay adalah 500W, maka outputnya sekitar 200W-250W pada power suplay biasa, atau 400W-450W pada power suplay true power.
  • Periksa kestabilan input tegangan pada komputer. Ada baiknya anda memasang stabilizator, untuk menstabilkan tegangan yang masuk ke dalam PC. Tegangan yang tidak stabil mengakibatkan beberapa komponen hardware cepat rusak, dan memperpendek umur mereka. Ada 2 jenis stabilizator yang beredar dipasaran. Yang pertama adalah stabilizator biasa, cara kerjanya adalah dengan meredusi tegangan listrik, mengambil voltase paling rendah dan membuang voltase selebihnya, sehingga voltase stabil yang diperoleh adalah voltase minimum. Jenis lainnya dikenal dengan nama servo atau stabilizer motor. Cara kerjanya adalah dengan mematok voltase output pada satu titik, ketika voltase naik atau turun pada range tertentu, ada rangkaian motor yang menetralisir perubahan tegangan, sehingga output tegangan tidak terpengaruh oleh naik turunnya input tegangan.
  • Pegang body PC anda, apakah sangat panas? Umumnya, body PC dibuat menyerap panas, sehingga panas pada PC tidak sampai merambat keluar. Jika body PC terasa panas, berarti anda perlu menambahkan pendingin tambahan pada PC anda.

Merestart sendiri ketika booting pertama, setelah itu biasa saja

Saat komputer pertama kali dinyalakan, dia otomatis merestart sendiri. Ini biasanya diikuti dengan reset jam dan tanggal yang ada pada tampilan komputer, sehingga anda perlu mengatur ulang atau karena terlalu sering, anda akan membiarkan jam dan tanggal terseut salah. Mungkin tidak masalah bagi beberapa orang, karena komputer masih tetap bisa digunakan seperti biasa. Yang perlu diketahui, gejala ini timbul karena kesalahan pada CMOS. Kemungkinan terbesar adalah batre CMOS anda telah mati, dan perlu diganti. Pada dasarnya, meskipun komputer dalam keadaan mati, ada satu memory dalam motherboard yang tetap menyala. Memory tersebut menyimpan segala macam data BIOS, seperti jenis-jenis hardware yang tersambung, waktu (jam dan tanggal), serta berbagai seting manual yang telah dilakukan user. Memory ini terus bekerja (terutama pada jam dan tanggal yang terus berubah) menggunakan batre CMOS. Apabila batre CMOS telah habis, dian tidak dapat lagi menyimpan perubahan waktu disaat komputer tidak menyala.

Komputer mati, ketika dinyalakan, kipas prosesor berputar sebentar kemudian berhenti.

Jangan buang-buang waktu mengecek prosesor, karena tidak ada kesalahan disana. Jika hal ini terjadi, kerusakan dapat dipastikan terjadi pada VGA tambahan yang terpasang pada motherboard tanpa VGA onboard. Bersihkan soket VGA dan dudukannya, kemudian coba pasang lagi.

Mengapa ini terjadi? Pada saat pertama kali dinyalakan, komputer akan menyalakan motherboard, kemudian dari motherboard akan memanggil semua komponen hardware satu persatu. Pada motherboard tanpa integrated VGA, dia gagal memanggil display adapter, sehingga membatalkan proses penyalaan PC dengan mematikan kembali semua komponen yang sudah dipanggil. Dengan demikian, kipas prosesor (dan hampir semua kipas yang tersambung ke motherboard) sempat berputar karena motherboard sempat menyala tapi kemudian berhenti, karena motherboard mematikan dirinya sendiri.

Mati total tanpa ada aktivitas?

Bunyi nging nyaring

Merestart sendiri ketika masuk windows

Tidak mau nyala, padahal tidak pernah diapa-apakan

Beli baru tapi tidak mau nyala di rumah padahal ketika dicoba di toko baik-baik saja, atau tidak mau nyala setelah pindah rumah, padahal sebelumnya baik-baik saja.

(maaf postingan ini belum selesai ditulis karena kesibukan penulis), cek beberapa saat lagi untuk melihat apakah post ini telah diperbaharui



0 comment(s) to... “PERTOLONGAN PERTAMA PADA KOMPUTER”

0 komentar:

Posting Komentar

KAMUS

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

HEADLENEWS

AICOM7

TV.

Mengenai Saya

Foto saya
Saya orangnya serba sederhana.

POTO

POTO
AICOM 7

PETA

PETA BONE ...

publisher: 7 templates